Penerimaan Siswa Baru SMA Sekolah Alam Bandung

SMA Sekolah Alam Bandung

Sekolah Alam Bandung mulai tahun ajaran 2016 - 2017
akan membuka jenjang pendidikan SMA

Pendidikan akan senantiasa berhadapan dengan dimensi masyarakat yang dari waktu ke waktu berkembang dan memiliki karakternya masing-masing.  Kita hidup di abad yang penuh dengan perubahan cepat.  Saat ini di dunia telah terjadi perubahan lebih banyak dalam 10 tahun daripada selama 1000 tahun lalu, maka konsep penting yang harus ditanamkan dalam sistem pendidikan sekolah adalah :

  • Sebanyak apapun yang telah diajarkan boleh jadi akan segera menjadi asing. Laju perubahan terus meningkat sehingga beradaptasi terhadap perubahan harus menjadi inti dari cara mengajar yang baru.
  • Pendidikan (sekolah) harus menemukan suatu cara untuk meningkatkan kemampuan siswanya dalam memilih secara tepat dan cepat dan yang benar-benar menjadi keinginan dan kebutuhan mereka sendiri. Siswa harus belajar bagaimana membuat berbagai keputusan dan melaksanakannya.

Umumnya teori pendidikan didasarkan pada anggapan bahwa tujuan  utama pendidikan adalah mengalihkan keseluruhan pengetahuan dari satu generasi kegenerasi berikutnya. Asumsi ini menyiratkan dua hal, yaitu: 

  • Bahwa jumlah pengetahuan cukup sedikit untuk dikelola secara menyeluruh oleh sistem pendidikan
  • Bahwa kecepatan perubahan yang terjadi dalam tata budaya atau masyarakat cukup lambat sehingga memungkinkan untuk menyimpan pengetahuan dalam kemasan tertentu serta menyampaikannya sebelum pengetahuan itu sendiri berubah

Kedua keadaan tersebut sudah tidak berlaku lagi di abad modern saat ini. Sekarang kita hidup dalam zaman ledakan pengetahuan yang menimbulkan perubahan-perubahan sedemikian cepat. Kecepatan dan banyaknya perubahan dalam masyarakat tersebut mendorong kita lebih dari sekedar mengalihkan semua yang kita ketahui, maka tujuan pendidikan kita sesungguhnya adalah bagaimana menumbuhkan dorongan internal para peserta didik, keinginan untuk melakukan proses penemuan sepanjang hidupnya terhadap apa saja yang memang dibutuhkannya untuk diketahui.

Jika rumusan ini disetujui, maka ada 2 konsensus yang akan menyertainya, yaitu pendidikan sepanjang hayat (lifetime education) dan pemusatan pendidikan pada siswa (student center). Pendidikan tidak lagi merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi anak-anak, namun juga kegiatan seumur hidup sedemikian sehingga akan mampu memenuhi kebutuhan dan pengalaman yang juga terus berubah. Pendidikan harus berorientasi kepada siswa, dimana untuk menetapkan apa yang harus diajarkan dan yang akan dipelajari beralih dari tangan guru ke murid.

Masalah sosial yang dihadapi saat ini jauh lebih banyak dan lebih berat dibandingkann masa-masa sebelumnya. Tindak kejahatan, masalah narkotika, pergaulan bebas, free sex, masalah kemiskinan, penganguran, dan sebagainya.

Dengan demikian terdapat kebutuhan yang lebih besar untuk memecahkan permasalahan –permasalahan tersebut. Pendidikan yang dibutuhkan tidak hanya mempengaruhi unsur kognitif  (fakta, konsep dan keyakinan) tetapi juga merubah nilai-nilai (minat, perasaan, sikap, ideologi dan keyakinan-keyakinan). Pendidikan menjadi efektif tidak hanya melalui ungkapan lisani, tetapi juga melibatkan perubahan dari anutan nilai-nilai lama ke anutan nilai-nilai baru, serta penghayatan perilaku baru yang mempertegas keyakinan akan nilai baru itu.

Syarat bagi berhasilnya pendidikan ini adalah seorang harus terlibat aktif bersama orang lain dalam menemukan kekurangan dirinya dan bersama orang lain ia berusaha menemukan cara untuk memperbaiki dirinya.

Pandangan jauh ke depan tentang gambaran masa depan inilah yang menjadi panduan sekolah alam, ibarat pelita di atas gunung yang memandu para pendaki mencapai puncaknya. Sehingga ia tidak kehilangan arah dan tujuan asasinya.

Untuk menjawab tantangan dan permasalahan tersebut, maka SMA Sekolah Alam Bandung  menyusun suatu kurikulum yang menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan dengan menitikberatkan pada 3 aspek pengembangan utama yaitu Karakter Baik (Good Character) , Aspek Kepemimpinan (Leaderships), dan Kewirausahan (Entrepreneurship) untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM yang memiliki peran sebagai hamba Allah dan sekaligus sebagai khalifah di muka bumi. 

VISI, MISI, STRATEGI DAN TUJUAN SEKOLAH

A.     VISI

” Menjadi lembaga pendidikan tingkat menengah terbaik yang berbasiskan Al-Quran dan Sunnah Nabi, dan Pancasila berwawasan hijau membangun kemandirian energi dan pangan”.

Makna Visi:

Berbasis al-quran :

-          Mengedepankan Alquran sebagai panduan utama nilai nilai kebenaran dan kebajikan.

-          Mengedepankan Alquran sebagai pedoman hidup terutama dalam hal pendidikan karakter dan akhlak

-          Membiasakan interaksi dengan Alquran secara lebih intensif melalui pembiasaan tahfidz, tasmi, tilawah, dan tadabbur Al-Quran.

Berbasis sunnah nabi :

-          Menjadikan al-hadist sebagai panduan dalam mengamalkan nilai nilai kebenaran dan kebajikan

-          Menjadikan sifat, sikap dan prilaku nabi Muhammad S.A.W sebagai teladan dalam mendidik karakter dan akhlak

-          Menjadikan hikmah dari kisah kehidupan nabi Muhammad S.A.W bagi kehidupan saat ini.

Berdasarkan Pancasila :

-          Berpedoman pada nilai nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dan Perwakilan, dan Keadilan Sosial

-          Menjunjung nilai nilai demokrasi

-          Berlandaskan pada wawasan nusantara dan bhinekka tunggal ika

-          Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kecintaan pada tanah air dengan pendekatan bela negara

Berwawasan Hijau

-          Melakukan pola pembelajaran berwawasan hijau terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam

-          Menjadikan alam sebagai media belajar dengan prinsip pembelajaran saintifik, eksporatif dan ekperimental.

-          Membangun mental dan karakter melalui kegiatan interaksi alam dan lingkungan sekitar

Membangun Kemandirian Energidan Pangan:

-          Melakukan pola pembelajaran yang bertujuan untuk memahami dan membentuk keterampilan pengembangan dan pengelolaan energi alternatif terbarukan

-          Membangun jiwa kewirausahawan sosial berbasis pada energi, pangan dan teknologi hijau

-          Mempersiapkan bibit – bibit calon praktisi dan akademisi dibidang energi, pangan dan teknologi hijau

B.     MISI

    1. Membangun generasi yang memiliki karakter baik (good character) yang berbasis pada nilai nilai Islam dan Pancasila
    2. Membangun jiwa kepemimpinan melalui pendekatan ilmiah, interaksi alam dan kedisiplinan
    3. Membentuk mental dan keterampilan bisnis berbasis teknologi dan ekonomi hijau
    4. Melahirkan generasi terampil di bidang energi terbarukan





      SMA Sekolah Alam Bandung

08-Jun-2016 by admin

Evie (Guest)


Kapan batas akhir penerimaan sma sab

Reply

asyifa ulhaqiyah (Guest)


kapan penerimaan siswa baru ?


Unduh Formulir Lamaran Di Sini Email 1 : hrd.sekolahalambandung@gm... Selanjutnya



Sekolah Alam Bandung mulai tahun ajaran 2016 - 2017akan membuka jenj... Selanjutnya



Sekolah Alam Bandungby Yuria Pratiwhi Cleopatra on Saturday, 28 Nov... Selanjutnya