Sekolah Alam Bandung Bangun Ahlak, Falsafah Iptek

daftar biaya pendidikan tahun ajaran 2016-2017

 

cikalnews.com Bandung – Berbeda dengan sekolah pada umumnya, Sekolah Alam Bandung yang berlokasi di Curug Dago, langsung belajar dengan alam. Di mana kelas yang ada di sana langsung berada di alam bebas dengan menggunakan beberapa saung. Di sekolah ini para siswa pun diajarkan cara bercocok-tanam dan berternak layaknya di sebuah pedesaan.

 Menurut guru SD Sekolah Alam, Yaya, di sekolah alam ada 2 metode yang ditonjolkan untuk melatih perkembangan anak. Yaitu metode kepemimpinan dan metode mengenal alam. “Di metode mengenal alam, semua kelas diadakan di alam terbuka dengan belajar di saung. Sedangkan pada metode kepemimpinan kita mengajarkan seorang anak untuk berwirausaha dengan berdagang, bercocok tanam, dan berternak. Dari situ dia bisa merasakan bagaimana cara mengelola usaha dan memimpin usahanya agar tetap jalan,” cetus Yaya saat ditemui di acara pameran pendidikan di Bandung belum lama ini.

Sekolah Alam Bandung menyediakan tingkatan pendidikan mulai dari  TK, SD, SMP dengan jam belajar dari pukul 08.00 hingga 13.30 WIB.

 “Uniknya sekolah alam itu, semua siswa disini menggunakan baju bebas dengan ruang kelas yang dibatasi. Di tingkat TK satu kelasnya yaitu 5 sampai 7 murid, sedangkan SD bisa mencapai 13 murid begitu juga SMP, jam belajarnya pun berbeda karena kita masuk mulai jam 08.00,” jelas Yaya.

 Seminggu 3 kali Sekolah Alam melakukan GPS (Gerakan Pungut Sampah) bagi para guru dan siswanya. “Setiap hari Senin, Rabu, Jumat kita melakukan GPS, sesuai instruksi Walikota Ridwan Kamil. Sebelum masuk belajar, selama 30 menit kita melakukan kegiatan memungut sampah di lingkungan sekolah alam yang luasnya sekitar 1,5 hektar,” paparnya.

 Materi yang diajarkan di sekolah alam persentasenya lebih banyak praktik dibanding teori. “Siswa-siswi di sini lebih banyak diajarkan cara bereksperimen dibanding teori. Materi praktiknya pun lebih banyak dibanding di sekolah biasa,” tukasnya. (Jr.)**


25-Jan-2016 by admin


Unduh Formulir Lamaran Di Sini Email 1 : hrd.sekolahalambandung@gm... Selanjutnya



Sekolah Alam Bandung mulai tahun ajaran 2016 - 2017akan membuka jenj... Selanjutnya



Sekolah Alam Bandungby Yuria Pratiwhi Cleopatra on Saturday, 28 Nov... Selanjutnya