Kurikulum TK

Sekolah Alam Bandung menekankan proses pembelajaran yang disampaikan secara active dan fun, karena secara lahiriah anak lebih suka berada dalam ruangan yang informal, terbuka dan bebas dibandingkan dengan suasana yang formal, tertutup dengan lingkungan yang terbatas. Dalam berkreasi di lingkungan sekolah yang terbuka dan bebas, anak dapat menikmati waktu sekolah mereka, sehingga pengembangan nilai kreatifitas dan kemampuan dirinya menjadi lebih efektif Sistem pengembangan pendidikan yang utama adalah dengan cara memberikan kepercayaan, sikap positif pada diri anak terhadap lingkungannya, karena perkembangan intelektualitas, emosional dan spiritual quotient sangat dipengaruhi oleh lingkungan alam sekitar, sehingga anak dapat mengembangkan nilai kepemimpinannya, memiliki emosi yang stabil dan dapat bekerja dalam suatu kelompok Pada metoda belajar aktif, diharapkan anak dapat mengatur kegiatan belajar setiap hari dan guru memberikan fasilitas dan berfungsi sebagai nara sumber ilmu pengetahuan Dengan metoda berpetualang di alam bebas, anak dapat menerapkan proses belajar mengajar secara keseluruhan dan dapat menciptakan suatu perkembangan bakat secara fisik dengan menggabungkan nilai emosi pada dirinya dan kerja kelompok bersama teman-temannya.

Materi sekolah yang diterapkan di Sekolah Alam Bandung tetap mengacu pada kurikulum Diknas, namun ditambah dengan beberapa kajian khusus dan penerapannya diselaraskan dengan filosofi Sekolah Alam yang terdiri dari Akhlakul Karimah, Falsafah Ilmu Pengetahuan dan Leaderships.

Taman kanak- kanak di Sekolah Alam Bandung merupakan sekolah yang menyenangkan, anak- anak yang bersekolah disini hampir tidak merasakan adanya pembelajaran secara formal, mereka merasakan setiap harinya bermain dan bermain.

Sekolah Alam merupakan sekolah yang sangat memperhatikan perkembangan anak, penyampaian materi kepada anak- anak TK disesuaikan dengan tahapan- tahapan perkembangan pada anak. Visi yang akan dicapai Taman Kanak Kanak SAB adalah menjadikan sekolah yang mampu membentuk siswa siswi dengan akhlak yang baik, memiliki kemandirian, berani, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sesuai dengan perkembangan anak

Dalam membuat rencana pembelajaran di TK SAB, guru mempunyai acuan dalam pembuatannya, yaitu mengacu kepada kurikulum pendidikan nasional ( DikNas ) yang meliputi :

  • Sosial, emosi dan kemandirian
  • Moral dan nilai agama
  • Bahasa
  • Kognitif
  • Fisik motorik
  • Seni

SAB pun memiliki kurikulum tersendiri yang mencakup aspek :

  • Akhlaqul Karimah : sikap hidup, Al Qur’an, Ibadah,keimanan,  Interaksi dengan alam
  • Leadership : outbond, dan wirausaha.

Adapun metode- metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah :

1. Story telling

2. Percobaan

3. Permainan

4. Worksheet

5. Outing : metode yang sudah biasa dilaksanakan di TK SAB, kegiatan outing ini dilaksanakan setiap tema kelas.

TYPICAL ACTIVITY TK SAB (Jam 08.30 s.d 12.00)

1. Buka Kelas

2. Hafalan Doa dan Alquran

3. Sholat Dhuha

4. Kegiatan Inti (sesuai dengan tema hari itu)

5. Makan Siang

6. Sholat Dzuhur

 Kurikulum Inti Sekolah Alam Bandung

 

 

 


25-Jan-2016 by admin


Unduh Formulir Lamaran Di Sini Email 1 : hrd.sekolahalambandung@gm... Selanjutnya



Sekolah Alam Bandung mulai tahun ajaran 2016 - 2017akan membuka jenj... Selanjutnya



Sekolah Alam Bandungby Yuria Pratiwhi Cleopatra on Saturday, 28 Nov... Selanjutnya